Jika Keamanan Adalah Segalanya


Jika Keamanan Adalah Segalanya

Selamat sore, elmoony reader!

Kembali lagi nih, elmo mau sharing tentang seberapa pentingkah sebuah keamanan dalam suatu lingkungan. Baik itu lingkungan rumah atau pun lingkungan bisnis nih.
Nah, di era yang seperti sekarang ini kita mesti perhatiin faktor “K” (Keamanan) karena salah – salah malah bisa membuat kita dirugikan atas keteledoran dalam faktor keamanan tersebut.

Namun namanya manusia, terkadang memiliki keterbatasan. Terkadang suka lupa atau diluar kendali. Nah, di era seperti sekarang ini faktor lupa dan masalah diluar kendali dapat diminimalisir lho!
Caranya gimana? Banyak cara sebenarnya dalam meminimalisir keteledoran masyarakat dalam faktor keamanan baik di rumah, tempat kerja, bisnis-nya atau lainnya.

Untuk meningkatkan keamanan di Rumah :

  1. Menggunakan CCTV di dalam dan di luar rumah (Sistem Monitoring Rumah)
  2. Memakai security / pembantu tambahan
  3. Meningkatkan penguncian di rumah
  4. Masih banyak laggiiiiiūüôā

Saya akan membahas poin pertama, karena ini termasuk hal baru bagi para ibu / bapak rumah tangga.

Mengapa CCTV? CCTV termasuk alternatif untuk mengawasi setiap keadaan di rumah tak peduli siang dan malam CCTV selalu menyala untuk merekam segala kejadian yang telah berlangsung setiap harinya. Pasti terlintas di pikiran kalian, bahwa CCTV buat rumah besar saja. Tentu salah, karena dengan menggunakan CCTV kita bisa memantau semua secara menyeluruh.

Sebagai contoh, CCTV di ruang anak dapat membantu orang tua mengetahui aktifitas anak kesayangannya setiap hari di kamarnya. Apakah ia sudah belajar? Apakah ia sudah mengerjakan PR-nya? Atau…. Apakah ia sudah tidur, karena sudah jam malam?

Lalu, di tempat tidur utama bagi yang memilik balita / batita terkadang para ibu rumah tangga yang sibuk mengurusi rumah dan memasak tentunya tetap bisa mengamati bayinya sedang apa. Mungkin posisi tidurnya berubah? atau yang lainnya mungkin?

Lalu jika dipasang di outdoor, orang rumah akan selalu bisa melihat situasi luar yang mencurigakan atau apa pun.
Semisalnya, ada ibu – ibu yang ingin berkunjung namun pemilik rumah sedang masak – masak. Terkadang suka tidak terdengar, nah bisa di monitoring melalui CCTV / IP Camera.

Lalu bagi seorang figur bapak yang sering pulang malam, namun mempunyai balita. Bisa di monitoring via CCTV / IP Camera dapat menjadi obat rindu untuk melihat anaknya.
Menyenangkan dan mudah bukan?

Dan tak kalah penting, ketika semua orang di rumah mudik, pembantu pulang kampung. Siapa yang kalian akan bayar untuk menjaga rumah kalian?
Hanya dengan Online Monitoring, kalian bisa memantau ketika ber-macet ria di kala mudik.

Jadi mudah kan?

Untuk di tempat Bisnis / Kantor CCTV dapat digunakan sebagai pengintai yang full time. Karena CCTV selalu menyala 7/24.
Bagi pebisnis UKM, anda tidak harus selalu di tempat usaha anda. Anda tinggal mengakses via IP Camera / CCTV dan anda dapat melihat apa yang sedang terjadi disana.
Ramai pengunjung? Sepi Pengunjung? Atau yang lain?

Tentunya sangat menguntungkan apabila lingkungan yang kita sayangi sudah ter-cover CCTV Online, karena selain termasuk murah untuk jangka panjang. Tentunya akan memudahkan dalam hal ini “User” memantau hal yang mereka sayang secara real time.

Nah oleh karena perkembangan dari sebuah modernisasi tersebutlah, TelkomSpeedy melakukan inovasi dengan lini produk terbarunya. Yaitu Speedy Online Monitoring!
Speedy Monitoring adalah online monitoring dimana anda bisa memantau dan merekam rumah atau bisnis anda dari smartphone (HP) anda dimanapun dan kapanpun dengan mudah.
Speedy Monitoring merupakan layanan pengawasan (surveillance) dimana Anda dapat melakukan akses live dan recorded video tentang kondisi tempat yang Anda inginkan (rumah atau toko) secara real time menggunakan web browser yang terhubung ke internet.
Jadi pengguna SpeedyMonitoring dapat melakukan monitoring via http://www.monitoring.telkomspeedy.com/ dengan memasukkan username beserta password

CrashSpace IP cameras
CrashSpace IP cameras (Photo credit: todbot)
CrashSpace IP cameras
CrashSpace IP cameras (Photo credit: todbot)

Karena Speedy Monitoring sudah menerapkan teknologi terbaru yaitu IP Camera sehingga pemakai layanan Speedy Monitoring dapat me-Monitor secara realtime.

Jadi, adakalanya kita ikut berkembang dalam melakukan sistem pengamanan di lingkungan kita.

KAMUS :
CCTV > Closed Circuit Television
IP Camera > Internet Protocol Camera
UKM > Usaha Kecil Menengah
HP > Handphone

6 thoughts on “Jika Keamanan Adalah Segalanya

  1. Memang seharusnya di lingkungan rumah menggunakan CCTV, karena seperti kita tau, itu dapat mengantisipasi tindak kejahatan yang dapat menghilangkan harta dan nyawa anggota keluarga kita …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s