Apa saja yang diperlukan untuk raspberry pi?



Apa saja yang diperlukan untuk raspberry pi?

 


Belum lama ini, saya memutuskan untuk membeli 2 Raspberry Pi. Bagi yang belum tahu apa itu raspberry pi, raspberry pi adalah komputer kecil nan fungsional.
Namun perangkat ini tidak langsung ready, melainkan perlu periferal pendukung.
Saya akan membahas apa saja yang dibutuhkan, untuk si imut ini.

1. SD Card / SDHC

SD Card dibutuhkan untuk loading OS-nya. Dan minimal kapasitasnya adalah 4 GB. Apabila lebih besar, lebih baik karena untuk image OS-nya sendiri saja yang telah direkomendasikan sizenya sudah 2GB++. Dan tentunya kita juga perlu kapasitas ekstra untuk menyimpan data – data kita.

2. OS (Operating System / Sistem Operasi)

Untuk memasukkan OS di RPi ini agak berbeda dengan yang kalian tau. Karena RPi hanya perlu proses imaging. Jika anda menggunakan windows, bisa menggunakan win32diskimager atau jika kalian menggunakan linux, bisa menggunakan dd.

Ada banyak pilihan OS, ada fedora, ubuntu, android atau yang lainnya. Namun yang direkomendasikan, adalah debian yang tersedia di situs resmi raspberryPi
Dan jangan salah, RaspberryPi bisa dijadikan sebagai media center, dan untuk mewujudkannya, bisa menginstall xbmc (xbmc.org)

3. Mouse & Keyboard USB

Ini kebutuhan standard PC. Alangkah lebih baik jika membeli keyboard yang ada USB Hub-nya. Karena slot USB Raspberry Pi cuma disediakan 2. Kalau mau nambah harus pakai USB Hub. Jadi supaya tidak ribet, mending beli keyboard yg sudah ada USB hub-nya.

4. TV/Monitor

Kita bisa memakai TV dengan colokan composite seperti TV lama atau TV/Monitor dengan colokan DVI atau HDMI yang sekarang sudah jamak dipakai TV LCD LED. Terserah mau pakai mana karena Raspberry Pi menyediakan 2 port output dalam format RCA dan HDMI. Kalau pakai TV LCD LED dengan HDMI kita bisa menghemat kabel audio karena Raspberry Pi bisa menyalurkan keluaran audio-nya via kabel HDMI. Jadi suaranya langsung ke TV.

5. Kabel RCA atau HDMI/DVI

Kabel menyesuaikan TV atau monitor yang akan kita pakai. Kalau mau memanfaatkan TV komposit/analog lama, maka kita bisa beli kabel RCA. Tapi kalau sudah punya TV digital dengan HDMI/DVI, kita bisa beli kabel HDMI atau DVI-HDMI. Ada juga monitor LED yang mendukung DVI/HDMI. Silakan menyesuaikan.

6. Power Supply

Raspberry Pi menggunakan power supply dengan colokan mini USB. Bisa nebeng charger ponsel atau BB. Yang jelas power supply harus bisa memasok arus minimal 700mA dan tegangan 5V. Oh iya, di situsnya disebutkan kalau jangan menghubungkan colokan power Raspberry Pi ke PC atau USB Hub.

7. Kabel Audio (optional)

Ini opsional saja kalau kebetulan TV yang dipakai belum mendukung audio via HDMI. Atau jika Anda ingin menghubungkan Raspberry Pi ke sound system external yang lebih mumpuni.

8. Kabel Ethernet (optional)

Kalau ada jaringan ethernet, kita bisa menghubungkan Raspberry Pi ke LAN tersebut. Sayangnya Raspberry Pi baru 100 Mbps belum Gigabit. Tapi segitu sudah cukup lah.

Dan bagi kalian yang ingin mencari raspberry pi dengan harga 500rb-an, bisa kontak saya.
Kebetulan saya kelebihan belinya. Dapet harga spesial untuk elmoony reader!
Tinggalkan komentar untuk raspberry pi-nya🙂

Thanks to : Dewo (Salam, Blogger!)

3 thoughts on “Apa saja yang diperlukan untuk raspberry pi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s