Waspadai Malware Berkedok Valentine di Facebook!


Waspadai Malware Berkedok Valentine di Facebook!

TEMPO.CO Jakarta – Masih ada belasan hari lagi sebelum Valentine dirayakan sebagian orang. Namun para penjahat cyber tampaknya bergerak cepat dan mulai menyebarkanmalware dengan memanfaatkan momen “hari kasih sayang” ini.

Perusahaan keamanan Trend Micro melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 1 Februari 2011, mengungkapkan bahwa mereka menemukan dan mengidentifikasi malware valentine TROJ_FOOKBACE.A.

Trend Micro mengidentifikasi malware tersebut setelah menemukan postingan di wallpengguna yang berisi ajakan untuk mengklik dan memasang tema gratis untuk tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.

Bagi pengguna Facebook yang mengklik tautan dalam postingan tersebut melalui browser Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab sebelah kanan halaman Facebook pengguna.

Setelah program ini terpasang, kegiatan pengguna akan dapat dipantau. Selain itu mereka diarahkan pada sebuah halaman survei, yang memintanya memasukkan nomor ponsel.

Ancaman lebih besar dialami pengguna Internet Explorer. Pasalnya, setelah mengklik tautan dari halaman Facebook, mereka akan langsung diarahkan ke halaman survei tanpa harus melakukan instalasi.

Trend Micro menyebutkan hingga saat ini pihaknya belum menemukan pencurian data dari malware ini. Namun Trend Micro tetap mengingatkan pengguna agar tetap berhati-hati terhadap jebakan tema gratis bernuansa Valentine ini.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s