Cloud Computing? Akankah berdampak buruk?


Semakin berkembangnya tekhnologi, banyak hal-hal baru diciptakan manusia. hal tersebut tidak lepas dari dukungan tekhnologi yang semakin mutakhir, yang membantu manusia mempermudah melakukan aktivitasnya. salah satu bentuk penciptaan manusia yang saat ini, banyak menjadi perbincangan adalah Cloud Computing.

Cloud Computing menurut Wikipedia adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’).
Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

Dengan kata lain, Cloud Computing merupakan tekhnologi yang menggunakan internet untuk mengatur dan mengelola data serta aplikasi, tanpa mengurangi memori dari komputer pengguna.
Karena hampir dari semua data dan aplikasi tersimpan di Internet.
Contoh dari pengaplikasian Cloud Computing yang paling sederhana adalah e-mail. Kita dapat berkirim email tanpa harus menginstal suatu software tertentu terlebih dahulu untuk menggunakannnya.
Kita dapat langsung menggunakannya, selama komputer yang kita gunakan terhubung dengan internet.
Dan juga, semua data dalam email tersimpan keseluruhannya dalam internet, sehingga tidak mengurangi kapasitas komputer.

Sehingga, dapat dikatakan Cloud Computing merupakan suatu tren teknologi terbaru, berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputerisasi pengguna untuk sehari – hari.
Seperti Google App yang menyediakan aplikasi bisnis umum yang diakses melalui suatu penjelajah web  dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.
Selain itu, contoh lain dari pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud yang dikembangkan oleh apple.

Dalam dunia bisnis, Cloud Computing dapat mendukung suatu bisnis berjalan menjadi lebih mudah.
Mudah dalam arti bahwa perusahaan dapat berdagang, perusahaan dapat berpromosi , perusahaan dapat melakukan transaksi, serta  perusahaan juga dapat melakukan pelaporan secara lebih efisien.
Karena semua hal tersebut di lakukan oleh perusahaan tanpa perlu membangun suatu infrastruktur sendiri.

Keuntungan Cloud Computing

1.      Salah satu ide di kembangkannya teknologi cloud computing adalah memaksimalkan utilisasi komputer yang rata-rata umumnya di bawah 50%.
Dengan menggunakan utilisasi  sisa yang tidak terpakai ini maka dapat diciptakan beberapa virtual server lain.
Maka akan tercipta kapasitas baru yang jauh lebih besar dibandingkan penjumlahan kapasitas physical computer.  Artinya dengan investasi komputer  yang sama tercipta kapasitas yang berlipat.
2.      Selain itu, hal baik dari dikembangkannya Cloud Computing adalah pay as you go. Artinya pelanggan hanya membayar sesuai pemakaian (on demand). Hal seperti ini tidak bisa Anda dapatkan jika Anda membangun sendiri sistem komputer Anda  atau membeli server dan menyewa space di data center (dedicated server).
3.      Dengan cloud  Anda tidak perlu melakukan proses pengadaan komputer yang memakan banyak waktu.  Cukup dengan melakukan self-provisioning dalam hitungan menit, kapasitas yang Anda butuhkan telah siap digunakan.
4.      Proses monitoring dan manajemen server akan jauh lebih mudah karena semua terkoneksi dengan web portal pelanggan.  Anda hanya tinggal melihat dashboard saja untuk mengetahui status global server-server Anda.
5.      Cloud computing membuat bisnis Anda tidak terbatas pada satu lokasi saja. Anda dapat mengakses dari mana saja di seluruh dunia dan kapan saja.
Yang paling menonjol dari komputasi awan adalah kemudahan akses. Karena untuk mengerjakan suatu pekerjaan kita tidak harus berada dihadapan satu komputer yang sama.
Kerugian Cloud Computing
1.      Satu Pusat Masalah. Cloud Computing bisa dianalogikan dengan menempatkan semua telur didalam 1 keranjang. Ini artinya jika server induk bermasalah, semua sistem virtual machine didalamnya tidak bisa digunakan. Hal ini bisa diantisipasi dengan menyediakan fasilitas backup secara otomatis dan periodik atau dengan menerapkan prinsip fail over/clustering
2.      Spesifikasi Hardware. Cloud Computing membutuhkan spesifikasi server yang lebih tinggi untuk menjalankan server induk dan mesin virtual didalamnya
3.      Satu Pusat Serangan. Penempatan semua server dalam satu komputer akan menjadikannya sebagai target serangan. Jika hacker mampu menerobos masuk kedalam sistem induk, ada kemungkinan ia mampu menyusup kedalam server- server virtual dengan cara menggunakan informasi yang ada pada server induk
4.      Hal yang paling wajib dalam komputasi awan adalah koneksi internet, internet bisa dibilang jalan satu-satunya jalan menuju komputasi awan, ketika tidak ada koneksi internet ditempat kita berada maka jangan harap bisa menggunakan sistem komputasi awan. Hal ini masih menjadi hambatan khsusnya bagi Indonesia, karena belum semua wilayah di tanah air terjangkau oleh akses internet, ditambah lagi sekalipun ada koneksinya belum stabil dan kurang memadai.
5.      Kerahasiaan dan keamanan adalah salah satu hal yang paling diragukan pada komputasi awan. Karena, dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti kita mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada perusahaan penyedia server komputasi awan.
Sistem komputasi awan atau cloud computing ini sampai saat ini masih menjadi pro & kontra bagi sebagian pihak. Dan tidak terlepas dari plus dan minus pada sebuah komputasi awan. Sehingga pengguna justru harus memahami terlebih dahulu sistem dan cara kerja cloud computing secara menyeluruh. Tidak boleh dilihat dari satu sisi saja. Dan jika cloud computing diterapkan pada kehidupan sehari – hari anda. Bagaimana?
Gambar :

sharinganbluesmales.blogspot.com
wikipedia.org

About these ads

17 thoughts on “Cloud Computing? Akankah berdampak buruk?

  1. Pingback: URL

  2. Pingback: e cigarette in walmart

  3. Pingback: cerqa.com

  4. Pingback: gateau au yaourt

  5. Pingback: see more

  6. Pingback: e-cigarette trial

  7. Pingback: maplestory luminous guide

  8. Pingback: e liquid shop

  9. Pingback: Agen Togel

  10. Pingback: δισκοι κοπης

  11. Pingback: Visit

  12. Pingback: tufenkian rug

  13. Pingback: click to read more

  14. Pingback: play online chota bheem games

  15. Pingback: additional info

  16. Pingback: how to get a lot of views on youtube

  17. Pingback: Koifutter Infos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s